News Update

Press Release: Reakreditasi Magister Ekonomi Syariah IAI Tazkia

No comments

Prodi MES Tazkia.baru saja selesai melaksanakan visitasi reakreditasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari jumat 29 Januari.2021 hingga sabtu 30 Januari 2021.

Proses submit reakreditasi sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 26 maret 2019. Namun dikarenakan ada perubahan sistem rekareditasi dari.7 menjadi.9 standar dengan format baru dari BAN PT, menyebabkan prod-prodi lainnya di Indonesia berbondong-bondong mengajukan akreditasi baru, dengan total hampir 9000 Prodi yang mengajukan reakreditasi atau mengajukan prodi baru, sehingga menyebebkan antrian yang panjang di BAN PT. Memasuki tahun 2020 pandemi corona juga menjadi isu lainnya yang menghambat proses visitasi sehingga proses akreditasi ini baru bisa dilaksanakan diawal tahun 2021.

Proses reakreditasi kali ini sangat kental dengan nuansa Jogja, karena kedua asesor sama-sama berasal dari Provinsi yang dikenal.dengan kota pelajar. Prof Syafiq M Hanafi dari UIN Sunan Kalijaga ditunjuk sebagai asesor 1 dan Prof Mamduh M Hanafi dari Universitas Gajah Mada ditunjuk sebagai Asesor ke 2. Sedangkan tim Akreditasi Magister Ekonomi Syariah dipimpin oleh Dr Achmad Firdaus. M.Si

Hari pertama proses akreditasi meliputi pengecekan Borang 3A oleh asesor 1 dan Borang 3B oleh asesor 2. Secara umum proses akreditasi ini selain pengecekan kesesuaian borang dengan data yang ada, ada perubaham TS dri 2019 saat diajukan pertama kali.menjadi TS 2020 saat proses visitasi dilaksanakan.
Perubahan mencakup jumlah mahasiswa, lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Hampir semua komponen manajemen Tazkia dilibatkan baik dari humas, perpustakaan, LPPM hingga pihak Rektorat.

Hari kedua visitasi diisi dengan kegiatan wawancara kepada dosen, mahasiswa, alumni, tenaga kependidikan.dan pengguna lulusan. Alhamdulillah dengan antusiasme dan dukungan dari semua stakeholder proses wawancara berjalan lancar.

Berdasarakan hasil wawancara Prof Syafiq selaku asesor 1, “ketika ditanya kenapa mereka memilih tazkia?” rata-rata dari para stakeholder menjawab, “Karena memang kampus terbaik dibidnag ekonomi syariah yang mereka ketahui adalah tazkia”. “Artinya brand ekonomi syariah sudah melekat diTazkia” tambah beliau.

Proses akreditasi ditutup dengan.doa oleh Ayahanda Dr Syafii Antonio, selain berdoa.untuk.keberkahan prodi Magister Ekonomi Syariah dan semua civitas akademika yang terlibat didalamnya. Ayahanda selaku perwakilan dari keluarga tazkia.juga.turut mendoakan almarhum Dr Mukhamad Yasid yang meninggal beberapa pekan yang lalu. Beliau merupakan mantan Direktur pascasarjana dan bersama ayahanda merupakan salah satu pendiri Institut Agama Islam Tazkia (hmz)

hamzahPress Release: Reakreditasi Magister Ekonomi Syariah IAI Tazkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *